Responsive Ad Slot

Slider

DESTINASI WISATA : API ABADI MRAPEN

Liputan oleh : Kholisatul Ismiyah

Mahasiswa Prodi Teknik Informatikan Unisfat


Demak (13/03/2024)- Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Lokasinya sekitar 26 kilometer sebelah timur Purwodadi, Grobogan.

Konon keris pusaka keramat Kesultanan Demak ditempa didalam api Mrapen. Api Mrapen dianggap sakral dalam budaya jawa dan digunakan dalam upacara tahunan Waisak, dimana api ini dibawa ke Candi Mendut dan Borobudur bersama dengan air suci dari mata air Umbul Jumpit. Dimulai dengan GANEFO perdana pada tahun 1963, api mrapen secara tradisional telah dimasukkan ke dalam kirab obor acara olahraga multi-olahraga yang diselenggarakan dinegara ini, seperti Pesta Olahraga Asia Tenggara. Selama kirab obor Asian Games 2018, api Asian Games yang berasal dari (New Delhi, india-kota tuan rumah Asian Games 1951) digabungkan dengan api dari Mrapen dalam sebuah upacar di Candi Prambanan.

Api abadi tercipta karena fenomena geologi alam yaitu berupa bocornya gas alam dari dalam tanah kemudian tersulut api. Tidak diketahui kapan bocornya gas tersebut, namun diperkirakan telah terjadi pada masa sebelum abad ke-15 di era kesultanan Demak.


Selain itu di sekitar obyek wisata Api Abadi Mrapen terdapat juga Sendang Dudo yaitu kolam kecil dengan air berwarna hijau beserta gelegak air ditengahnya. Meskipun air tersebut tampak seperti mendidih, namun tidaklah panas karena gelembung-gelembung udara tersebut berasal dari gas yang berada dalam tanah. Letupan gas atau gelembung-gelembung air itu akan menyala bila terkena api, mungkin gas tersebut merupakan gas yang sama pada Api Abadi Mrapen. Dari hasil penelitian di laboratorium terbukti Air Sendang Dudo mengandung banyak mineral, air Sendang Dudo kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. 

Menurut cerita, dulu Sunan  Kalijaga membuat keris yang di tempa diapi alam Mrapen kemudian dimasukkan kedalam Sendang Dudo sehingga terlihat seperti mendidih padahal airnya dingin.


0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

both, mystorymag
© all rights reserved
made with by Pustaka Media Online