Responsive Ad Slot

Slider

KAJIAN RAMADHAN 2 : Ramadlan bulan yang paling mulia


Oleh : Agus Purwanto, S.Pd, M.Pd

Dekan FAI Unisfat, Dosen Manajemen Pendidikan Islam


Demak (13/03/2024). Bulan Ramadlan adalah bulan yang paling mulia, kenapa Allah menjadikan  bulan Ramadlan bulan yang paling mulia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1] Semua kitab Allah diturunkan di bulan Ramadlan termasuk Al Qur'an. Allah ta'ala berfirman:

 شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍۢ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ 

2] Ada kewajiban secara individu untuk berpuasa di bulan Ramadlon bagi umat Islam kecuali yang berhalangan. Allah ta'ala berfirman:

فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ 

3] Di bulan Ramadlan terdapat malam istimewa yang tidak terdapat di bulan-bulan lain selain Ramadlan, yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam lailatul qodar. Allah ta'ala berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. 

4] Ramadlon awalnya adalah Rohmah yaitu mulai tanggal 1 Ramadlan sampai tanggal 10 Ramadlan apabila umat Islam berpuasa akan diberikan kasih sayang oleh Allah. Tengahnya adalah maghfiroh yaitu mulai tanggal 11 Ramadlan sampai tanggal 20 Ramadlan umat Islam yang berpuasa akan di ampuni dosa-dosanya. Dan akhirnya adalah kebebasan dari neraka yaitu mulai tanggal 21 Ramadlan sampai tanggal 30 Ramadlan, umat Islam yang berpuasa akan dibebaskan dari api neraka, Rasulullah shallallahu alayhi wasallam bersabda:

وَهُوَ شَهْرٌ أَوَّلُهُ رَحْمَةٌ، وَأَوْسَطُهُ مَغْفِرَةٌ، وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ. 

Dan masih banyak lagi keutamaan bulan Ramadlan lainnya yang menjadikan bulan ini menjadi bulan yang paling mulia dan penuh berkah, semoga bermanfaat.

0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

both, mystorymag
© all rights reserved
made with by Pustaka Media Online