Responsive Ad Slot

Slider

AWAL DARI COBA-COBA MENJADI USAHA BISNIS BUKET SAMPAI SEKARANG




Liputan Oleh : Nurul fadhilah  Mahasiswa Prodi ANI UNISFAT

SEMARANG (13/03/2024) Usaha sampingan pembuatan buket bunga banyak diminati kalangan muda. Selain mudah dan tak menyita banyak waktu, prospek usaha ini juga terbukti mampu mendulang pundi-pundi rupiah.

perempuan berjilbab hitam itu terlihat cekatan saat menggunting satu persatu pola yang digambar dalam selembar kain. Setelah menata beberapa hiasan, ia kemudian merekatkannya satu persatu. Sejurus kemudian, ornamen itu dirangkai dan menjadi sebuah buket lucu nan cantik.

”Saya baru memulai usaha ini setahun yang lalu. Awal mulanya dari coba coba lalu ingin menguasai  dan belajar dari internet maupun Youtube. Kemudian saya tekuni sampai sekarang,’’ ujar fadhilah

Ibu anak ini mengatakan, "pesanan paling banyak terlihat saat  musim hajatan dan wisuda. Baik jenjang SMP atau SMA maupun kuliah, Biasanya satu hari satu pesanan. Namun yang paling banyak biasanya pas wisuda atau musim hajatan,’’ . 

Sejak memulai usaha pembuatan buket bunga, pendapatannya fadhilah bertambah. Ia juga tetap bisa melakukannya sembari berjualan seperti biasa. ”Ini bisa disambi melakukan aktivitas lain. Kuncinya harus telaten dan sabar,’’ papar dia.

Ia menyebut, satu buket bunga dijual dengan harga cukup terjangkau. Mulai Rp 15 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung permintaan. Bahkan, ia juga melayani pemesan jika ingin menambahkan barang atau ornamen tertentu. ”Ya, bisa sesuai permintaan,’’ tambahnya.

Sejauh ini, fadhilah baru menjangkau pasar lokal sekitar genuk. Pemasarannya juga terbatas karena ia hanya menggunakan pemasaran secara online. ”Pelanggannya masih rata-rata sekitar daerahnya. Satu persatu pelanggan mengetahui dan banyak yang pesan secara pribadi untuk kado maupun hadiah lainnya.’’ kata si dia fadhilah.


0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

both, mystorymag
© all rights reserved
made with by Pustaka Media Online