Responsive Ad Slot

Slider

Kajian Ramadhan : Keutamaan Ilmu

 


Oleh :  Agus Purwanto, S.Pd., M.Pd.
Dekan FAI Unisfat, Dosen Manajemen Pendidikan Islam

وَمَا یَعۡقِلُهَاۤ إِلَّا ٱلۡعَـٰلِمُونَ

[Surat Al-Ankabut 43]

Ayat ini menjelaskan bahwa ilmu lebih utama dari sekedar kecerdasan otak manusia. 

Orang yang memiliki ilmu tentang Allah (beriman kepada Allah) dengan mengetahui nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya akan bisa memahami perumpamaan yang dibuat oleh Allah dalam al Qur'an dan memahami semua yang telah di ciptakan oleh Allah. Sementara orang kafir yang bodoh tentang Allah, meskipun mereka memiliki otak yang cerdas, tapi dia tidak bisa memahami perumpamaan tersebut, dan tidak bisa berfikir tentang manfaat dari makhluk yang di ciptakan oleh Allah,

Konteks ayat ini adalah bahwa Allah membuat perumpamaan orang yang menyembah berhala itu seperti laba-laba yang membuat rumah.

Rumah laba-laba …

Keutamaan ilmu Ketika imam Muhammad Ibnu Idris asy-Syafi'i mengadu kepada imam Waki' yaitu sang guru beliau tentang jeleknya hafalan, tentang sulitnya memperoleh ilmu, tentang beratnya mendapatkan pengetahuan, maka imam Waki' memberikan petunjuk pada imam asy-Syafi'i agar meninggalkan maksiat, penjelasan tentang meninggalkan maksiat itu byk sekali, mulai dari maksiat mata, maksiat mulut, maksiat kuping, maksiat anggota badan dll, imam Waki' memberikan kabar bahwa ilmu itu ibarat cahaya, cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang ahli berbuat maksiat. (Ag)


0

Tidak ada komentar

Posting Komentar

both, mystorymag
© all rights reserved
made with by Pustaka Media Online